Berikan Pembinaan ZI, Ini Pesan Prof. Dr. M. Arskal Salim

Kepala Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Dr. M. Arskal Salim sampaikan materi sekaligus pembinaan Zona Integritas (ZI)

Batam (KEMENAG) --- Kepala Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Dr. M. Arskal Salim sampaikan materi sekaligus pembinaan Zona Integritas (ZI). Pembinaan dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Jl. Masjid Raya Baiturrahman, Kelurahan Sungai Harpan, Kecamatan Sekupang, Kota Batam tersebut di hadiri oleha Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dr. H. Zulkarnain, para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kemenag kota Batam, Senin (27/6).

 

Dalam paparan materinya, Prof. Dr. M. Arskal Salim menyampaikan perihal tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Pertama, birokrasi yang bersih dan akuntabel diantaranya indikator perilaku anti korupsi, nilai SAKIP, opini BPK;

Kedua, Birokrasi yang Kapabel diantanya indeks kelembagaan, indeks SPBE, indeks profesionalisme ASN;

Ketiga, Pelayanan Publik yang Prima seperti indeks pelayanan publik.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. M. Arskal Salim juga menyampaikan hakekat pembangunan ZI yang merupakan miniatur implementasi reformasi birokrasi di Satuan/Unit Kerja yang bertujuan membangun program RB sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas serta membangun percontohan pada tingkat unit kerja sebagai unit menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Adapun Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), kata Prof. Dr. M. Arskal Salim yakni mengkomunikasikan secara intensif berbagai inovasi pelayanan yang dilakukan kepada stakeholders, responsif terhadap berbagai masuka, menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh pengguna jasa dan membangun “intimacy” dengan stakeholders sehingga terjalin komunikasi antara pemberi layanan dan pengguna layanan, imbuhnya.

----------

Humas/Yd

LINK TERKAIT