Zulkarnain Umar Buka Kegiatan PPKB Guru Agama Islam Tingkat SD/SMP/SMA/SMK

Diposting oleh Badaruddin 15 Jan 2020,21:18:22 WIB Pendis
Zulkarnain Umar Buka Kegiatan PPKB Guru Agama Islam Tingkat SD/SMP/SMA/SMK

Sekupang (Inmas Batam) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H.Zulkarnain Umar,ditengah padatnya kegiatan meluangkan waktu untuk menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru pendidikan agama islam tingkat SD/SMP/SMA/SMK,Tingkat Kota Batam Tahun 2020. Kegiatan di laksanakn selama 3 (tiga) hari mulai 15 s.d 17 Januri 2020 yang ikuti oleh 75 orang peserta dan dilaksanakan di Aula Lt.II. Kantor Kementerian Agama Kota Batam Jl. Masjid Raya Baiturrahman No.1. Kelurahan Sungai Harapan,Kecamatan Sekupang,Kota Batam,Rabu (15/1).

Dalam sambutan sekaligus pengarahannya,Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H.Zulkarnain Umar menyampaikan bahwa,dalam dunia pendidikan,guru merupakan unsur utama pada keseluruhan proses pendidikan,terutama di tingkat institusional dan instruksional. Seorang guru dalam pelaksanaan pendidikan berada pada garis terdepan. Keberadaan guru dan kesiapannya menjalankan tugas sebagai pendidik sangat menentukan bagi terselenggaranya suatu proses pendidikan. Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi,peran dan kedudukan yang sangat strategis. Sejalan dengan hal tersebut,seorang guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki keterampilan pembelajaran yang mencakup keterampilan dalam memperoleh pengetahuan,keterampilan dalam mengembangkan jati diri,keterampilan dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu,dan keterampilan untuk dapat hidup berdampingan dengan sesama secara harmonis,ucapnya. 

“Kembangkan,tingkatkan ilmu kita serta tinggalkan kesan yang baik kepada anak didik kita. Berikan contoh yang baik,insya Allah kalau kita baik maka anak didik juga akan baik.”

Terus lakukan terobosan dan inovasi dalam mengajar ilmu pendidikan agama islam. Guru atau pendidik harus menjadikan pendidikan agama islam sebagai kebutuhan bagi peserta didiknya ,lanjut H. Zulkarnain Umar.
Saat ini,tuntutan kepada guru agama semakin tinggi,terlebih di era sekarang ini yang mengharuskan menjadi guru agama milenial,yang mampu menguasai dunia teknologi informasi.

Kepada guru agama islam,H.Zulkarnain Umar berharap agar bisa menjadi suri tauladan tidak hanya bagi anak didiknya,tetapi juga bisa menjadi suri tauladan bagi rekan-rekannya sesama guru. “Berikan bimbingan dan nasehat kepada anak didik kita. Jangan lakukan pembiaran,akan tetapi lakukanlah pembinaan,"terang H.Zulkarnain Umar.

Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Batam H.Sarbaini melalui telepon seluler mengatakan,pelaksanaan pelatihan pendidikan karakter berkelanjutan guru agama islam secara mandiri dilaksanakan secara berjenjang di 3 (tiga) lokasi yakni Aula Lt.II. Kantor Kementerian Agama Kota Batam,SMK Negeri 4 Batam dan SMK Muhammadiyah Batam yang diikuti oleh 250 guru agama Islam. Untuk narasuber lanjutnya,ada 8 (delapan) narasumber instruktur yakni 3 (tiga) dari daerah dan 5 (lima) orang narsumber dari pusat,imbuhnya,(bad70/Yd).
 






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment