Ratusan Jamaah Haji Batam Ikuti Manasik Perdana Tingkat Kota

Diposting oleh Badaruddin 03 Mei 2018, 08:35:49 WIB Haji dan Umroh
Ratusan Jamaah Haji Batam Ikuti Manasik Perdana Tingkat Kota

Batam Center (Inmas) Sebanyak 665 orang  Jamaah Calon Haji (JCH) terdiri dari 628 jamaah yang berhak melunasi ditahap 1 dan 37 jamaah cadangan Kota Batam mengikuti manasik haji tingkat kota tahun 2018, Selasa (1/5). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kota Batam melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh,  bertempat di Asrama Haji Batam Center Kecamatan Batam Kota, Batam.

Kegiatan manasik perdana tingkat kota Batam ini di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Batam H. Erizal Abdulllah ditandai dengan pembacaan talbiyah sebanyak 3 kali.

Dalam sambutan pembukaannya, Kakankemenag Batam menuturkan kegiatan yang serupa ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Yang pertama sekarang ini dan yang kedua pada hari Minggu tanggal 1 Juli 2018 mendatang  di Gedung Pusat Informasi Haji Batam, tuturnya.

Lanjutnya, meskipun ditingkat kota manasik hanya sebanyak 2 kali saja, bukan berarti, selesai ini jamaah tidak ada lagi manasik. Itu baru tingkat kota, di tingkat kecamatan, pelaksanaan manasiknya sebanyak 8 kali, mulai akhir April sampai pada minggu ke 3 bulan Juni, ungkapnya.

Keterangan foto: Kakankemenag Batam H. Erizal Abdullah

Jadwalnya sudah disusun yakni, manasik ke 1 tanggal 29 April 2018, manasik ke 2 tanggal 5 Mei 2018, manasik ke 3 tanggal 6 Mei 2018, manasik ke 4 tanggal 10 Mei 2018,  manasik ke 5 tanggal 12 Mei 2018,  manasik ke 6 tanggal 13 Mei 2018,  manasik ke 7 tanggal 23 Juni 2018,  dan manasik ke 8 pada tanggal 24 Juni 2018.  Disamping itu jamaah juga boleh menambah manasiknya dengan mengikuti manasik yang dilaksanakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang sudah mendapat izin dari kementerian agama, ucapnya.

Manasik haji tingkat kota ini diisi oleh narasumber yang berkompeten dan professional dibidangnya, seperti Kakanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal dan dari Dinas Kesehatan Kota Batam Dr. Muhammad Hatta Syaifullah Surveilans dan Imunisasi, jelasnya.

Saya berharap Jamaah  semua  jaga kesehatan, ikuti manasik ini dengan sebaik baiknya, dengarkan dan pahami agar mampu menjadi Jamaah haji yang mandiri dan pulang ke tanah air dengan predikat mabrur dan mabruroh, amin, harapnya.

Hadir dalam pembukaan manasik ini anggota DPD RI Hardi Slamet Hood, Kakankemenag Batam H. Erizal Abdullah, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kasi Bimas Islam HM. Amanuddin, Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Zulkarnaian Umar, Perwakilan dari Pemko Batam, Ketua MUI Kota Batam Usman Ahmad, dari Dinas Kesehatan Kota Batam dan KBIH.

 (bad70/yd)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment