Pembimas Hindu Gelar Jambore Pasraman Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 di Kota Batam

Diposting oleh Mohammad Syauki,SE 10 Des 2018,22:07:22 WIB Bimas Hindu
Pembimas Hindu Gelar Jambore Pasraman Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 di Kota Batam

Lubuk Baja (Inmas-Batam) - Pada Hari Jumat s/d Sabtu tanggal 16 s/d 17 November 2018,bertempat di Aula pasraman Jnana Sila Bhakti Kota Batam,Jalan Gajah Mada No. 3. Hadir pada upacara pembukaan itu Pembimas Hindu Kepulauan Riau,Putu Suardika selaku Sekretaris Parisada Prov. Kepulauan Riau,Ketua Parisada Kota Batam,Parisada Kabupaten Bintan,Pengurus WHDI Prov. Kepulauan Riau,Ketua BOP Agung Amerta Bhuana,Diektur Pasraman Jnana Sila Bhakti,Penyelenggara Hindu Kantor Kementerian Agama,Ketua Lembaga Agama dan Keagamaan se-Kepulauan Riau yang lainnya.

Dalam sambutannya,Purwadi,S.Ag selaku Ketua paniti menjelaskan bahwa kegiatan Jambore pasraman tingkat Provinsi Kepulauan Riau ini tidak semata – mata hanya mencari pemenang lomba yang nantinya akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau pada ajang lomba Jambore Pasraman Nasional tahun 201 di Bali,tetapi lebih dari itu yaitu melakukan pembinaan dan proses pembelajaran. Ada beberpa cabang lomba pada Jambore Pasraman kali ini,di antaranya Lomba Tri Sandhya,Keramaning Smebah,pelafalan doa sehari-hari,puisi keagamaan,bercerita keagamaan,dharma widya atau cerdas cermat tingkat SD,SMP dan SMA/K,dan Lomba Yoga asanas putra dan putri.

Jambore Pasraman bertujuan untuk meningkatkan Sradha dan Bhakti Peserta Didik,menjadi Media berbagi pengalaman dan pengetahuan,Melestariakan dan mengembangkan nilai – nilai luhur seni dan budaya,Meningkatkan moral dan budi pekerti luhur,Meningkatkan solidaritas,kebersamaan,dan kekeluargaan peserta didik,Meningkatkan kreatifitas,keterampilan keagamaan serta sportifitasuntuk m. Terakhir Purwadi menegaskan bahwa Jambore Pasraman bertujuan eningkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam wadah NKRI,dan menumbuhkan dan mengembangkan perilaku hidup sehat lahir dan batin.

Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Jambore Pasraman Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 sebagai Wahana meningkatkan kepekaan dan solidaritas untuk kesadaran generasi muda Hindu dalam tanggung jawab membangun masa depan bangsa”

Kemudian Ketut Suardita selaku Pembimas Hindu pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau yang sekaligus mewakili Ka-Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau karena ada agenda assessment ASN Kementerian Agama di Kota Tanjung Pinang,menjelaskan bahwa peserta diharapkan menjaga persatuan,sportifitas dan kerukunan. Pasraman merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan keagamaan Hindu baik formal maupun non formal yang dilaksanakan oleh masyarakat Hindu di seluruh Indonesia yang berperan meningkatkan kualitas sradha dan bhakti peserta didik.

Pada Hari Sabtu,17 November 2018,Dr. Drs. H. Mukhlisuddin,SH,M.A selaku Ka-Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau memberikan pembekalan/materi kepada semua peserta dengan topik “Peran Kanwil Kementerian Agama pada Jambore Pasraman”. Mukhlasuddin menjelaskan bahwa Kementerian Agama di tingkat Provinsi akan mendukung pelaksanaan Jambore Pasraman di tingkat nasional tahun 2019 di Bali. Kanwil melalui DIPA unit Bimas Hindu akan menganggarkan dalam DIPA Tahun 2018 pada unit Bimas Hindu Provinsi Kepulauan Riau dalam bentuk melaksanakan kegiatan Jambore Pasraman Prov. Kepulauan Riau Tahun 2018 di Kota Batam. Pembimas Hindu juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait di tingkat pusat (Bimas Hindu) Perguruan Tinggi Hindu dalam hal pembinaan Jambore Pasraman. Di samping itu mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu di Prov. Kepulauan Riau juga perlu dilaksanakan. Pembinaan dan monitoring ke seluruh Pasraman di Prov. Kepulauan Riau. Terakhir adalah melakukan langkah-langkah pembinaan dalam rangka pemantapan peserta Jambore Pasraman perwakilan Prov. Kepulauan Riau yang akan bertanding pada Jambore Pasraman Tingkat Nasional Tahun 2019 di Prov. Bali.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba Dharma Widya/cerdas cermat tingkat SD,SMP dan SMA/K. Bertindak sebagai dewan juri adalah Pak Agung,Made Karmawan,dan Lilik Widyawati. Kemudian lomba puisi keagamaan,bercerita keagamaan,Tri Sandha. Pada malam harinya dilanjutkan dengan Lomba yoga Asanas Putra dan putri. Bertindak sebagai dewan juri adalah Ni Luh Asli dari Bali,Eko Prasetyo dan Gusti Kade Sugiantara. Dalam waktu bersamaan juga dilaksanakan lomba Keramaning Sembah dengan dewan jurinya adalah I Nengah Dana dari PHDI Pusat,dan I Wayan Catra Yasa. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi dinamika kelompok/capacity building,pembinaan dan diakhiri pengumuman pemenang lomba serta upacara penutupan oleh Pembimas Hindu.

Kegiatan Jambore Pasraman sangat penting untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa pasraman guna mewujudkan insan yang memilikki sradha dan bhakti,memilikki etika moral/normatika yang baik. (eko2018)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment