MIN 2 Batam Gelar Pembinaan Kinerja Guru dan Pegawai

Diposting oleh Badaruddin 27 Nov 2018,14:35:40 WIB Madrasah
MIN 2 Batam Gelar Pembinaan Kinerja Guru dan Pegawai

Sagulung (Inmas-Batam)- Sempena peringatan Hari Guru Nasional ke 73 Tahun 2018,Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Batam melaksanakan kegiatan pembinaan kinerja guru dan pegawai. Pembinaan tersebut diberikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Batam H.M Dirham dengan kegiatan dipusatkan di Komplek MIN 2 Batam Kecamatan Sagulung,Senin (26/11).

Dihadapan seluruh guru dan pegawai MIN 2 Batam,Dirham menyebutkan bahwa guru itu harus professional. Untuk menciptakan guru yang professional,  maka harus memiliki 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik,kompetensi kepribadian,kompetensi sosial dan kompetensi professional.

Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik,perancangan dan pelaksanaan pembelajaran,evaluasi hasil belajar,dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap,stabil,dewasa,arif,dan berwibawa,menjadi teladan bagi peserta didik,dan berakhlak mulia.

Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik,sesama pendidik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik,dan masyarakat sekitar.

Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam,yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya,serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya,jelas Dirham.

Selain itu,Dirham juga menyampaikan tentang 5 nilai budaya kerja kementerian agama. 5 nilai budaya kerja kemenag itu harus menjadi ruh,bagian yang tidak bisa dipisahkan dari dirinya.”Pegawai kemenag apapun prorfesinya,ia harus berintegritas,profesionalitas,inovasi,tanggungjawab dan keteladanan,” ujarnya.

(bad70/yd)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment