Mari Kita Jaga Tri Kerukunan Umat Beragama

Diposting oleh Badaruddin 02 Jul 2018,11:40:04 WIB Bimas Buddha
Mari Kita Jaga Tri Kerukunan Umat Beragama

Batam Centre (Inmas)- Kita sangat menyadari fakta kemajemukan Indonesia. Pemerintah telah mencanangkan konsep Tri Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Jadi tidak ada alasan lagi,mari bersama – sama kita menjaga  Tri Kerukunan Umat Beragama tersebut yang diantaranya kerukunan intern umat beragama,kerukunan antar umat beragama,dan kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H.Erizal Abdullah saat sambutan pada acara pelantikan pengurus Majelis Agama Buddha Tridharma Prov. Kepri di Vihara Cipta Dharma Batam Center,( Sabtu,30/6/2018). Acara pelantikan pengurus majelis agama budhha tridharma provinsi kepri di hadiri Kakankemenag Batam H.Erizal Abdullah,Pembimas Budhha I Nyoman Aryawan,Sekretaris Walubi Batam Asmin Patros,FKUB Kota Batam,Tokoh agama Budhha Batam,dan Ketua Majelis Agama Budhha Batam.

Tujuan utama Tri Kerukunan Umat Beragama agar masyarakat Indonesia kota batam khususnya bisa hidup dalam kebersamaan. Dalam memantapkan kerukunan hidup antar umat beragama kata H.Erizal Abdullah perlu dilakukan berbagai upaya diantaranya: pertama,Memperkuat dasar-dasar kerukunan internal dan antar umat beragama serta antar umat beragama dengan pemerintah. Kedua,Membangun harmoni sosial dan persatuan nasional dalam bentuk upaya mendorong dan mengarahkan seluruh umat beragama untuk hidup rukun dalam bingkai teologi dan implementasi dalam menciptakan kebersamaan dan sikap toleransi. Ketiga,Menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif yang mendukung pembinaan kerukunan hidup intern dan antar umat beragama. Keempat,Melakukan pendalaman nilai -nilai spiritual yang implementif bagi kemanusiaan yang mengarah kepada nilai - nilai ketuhanan agar tidak terjadi penyimpangan nilai sosial kemasyarakatan maupun sosial keagamaan. Kelima,Menempatkan cinta dan kasih dalam kehidupan umat beragama. Keenam,Menyadari bahwa perbedaan adalah suatu realita dalam kehidupan bermasyarakat.

Keterangan Poto: (Kakankemenag Batam H.Erizal Abdullah bersama Pembimas Budhha I Nyoman Aryawan,Tokoh agama Budhha Batam).

Kodho Eko Prayogo penyelenggara agama budhha kemenag batam mengatakan,pelantikan pengurus Majelis Agama Buddha Tridharma Provinsi -  Kepri ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi pelayanan umat budhha. Majelis ini juga baru dan diprakarsai oleh kemenag batam yang nantinya akan mengakomodir umat budhha di provinsi  kepri,Kota Batam khususnya yang lebih kental dengan tradisi /  pribadatan Tionghoa, ujar Kodho Eko Prayogo,(bad70/Yd).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment