MA USB Filial MAN Batam Laksanakan UAMBN-BK Tiga Sesi

Diposting oleh Badaruddin 26 Mar 2018, 21:14:54 WIB Madrasah
MA USB Filial MAN Batam Laksanakan UAMBN-BK Tiga Sesi

Bengkong (Inmas)- Sebanyak 13 Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta yang ada di Kota Batam, mulai Senin 26 Maret 2018  melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK). Ujian ini berlangsung selama 5 hari sampai Sabtu 31 maret 2018 kecuali hari Jumat, karena di hari itu adalah hari libur nasional.

Pada ujian di hari pertama, staf Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Batam Jailani dan Musriadi melakukan monitoring ke salah satu Madrasah Aliyah Swasta yaitu MA USB Filial MAN Batam yang terletak di daerah Bengkong Batam. Disini didapati ada 2 lokal yang digunakan untuk ujian. Masing-masing lokal ujian berisi 26 komputer untuk 26 siswa. Karena jumlah siswa kelas XII di madrasah ini yang mengikuti ujian sebanyak 152 orang, maka ujian nya di bagi dalam 3 sesi.

Sesi pertama sebanyak 52 orang siswa, sesi kedua ada 52 siswa dan sesi ke tiga sebanyak 48 siswa, dengan rincian pada lokal 1, sesi pertama 26 siswa, sesi kedua 26 siswa dan sesi ke tiga diisi 25 siswa. Dan pada lokal 2, sesi pertama diisi sebanyak 26 siswa, sesi kedua 26 siswa dan sesi ketiga 23 siswa.

Hal ini dijelaskan Kepala MA USB Filial MAN Batam Ulfah Ismiati di lokasi ujian, Senin (26/3). Dari penjelasan tersebut, Ia menambahkan bahwa setiap hari hanya satu mata pelajaran yang diuji. Seperti pada hari ini adalah mata pelajaran Quran Hadits, mulai sesi 1, 2, dan sesi 3 adalah Quran Hadits. Untuk sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 wib sampai pukul 9.00 wib. Sesi kedua dimulai pukul 9.30 wib sampai pukul 11.00 wib dan sesi ke tiga mulai pukul 13.30 wib sampai pukul 15.00 wib. Rata-rata tiap sesi satu jam setengah,  sebut Ulfah.

Adapun pengawasnya dalam setiap lokal ada 2 orang pengawas ditambah satu proktor dan satu orang teknisi. Namun dari 2 orang pengawas itu, satu diantaranya adalah pengawas dari MA lain. Kalau di MA ini pengawasnya dari MA Al Jabar dan MA Darul Ihsan Tanjungsengkuang. Sedangkan satu pengawas lagi dari pengawas kita, ujarnya.

Keterangan foto : Jailani dari Seksi Penmad Kemenag Batam (kiri), Kepala MA USB Ulfah Ismiati (kanan)

Lanjut Ulfah, ujian kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun lalu ujian masih berbasis kertas dan pensil,  tidak berbasis komputer. Ini merupakan pengalaman baru bagi kita dan peserta didik. Namun kita berharap semuanya berjalan dengan lancar, aman dan sukses, harapnya.

Disamping itu Ulfah juga berharap mudah-mudahan anak-anak diberi kemudahan mengerjakan soal-soal ujian dan mendapat prestasi yang baik dan hasil yang memuaskan, imbuhnya.

(bad70/yd)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment