Kemenag Batam Gelar Magrib Mengaji di Masjid Tertua di Batam

Diposting oleh Badaruddin 06 Des 2018,10:13:37 WIB Bimas Islam
Kemenag Batam Gelar Magrib Mengaji di Masjid Tertua di Batam

Bulang (Inmas-Batam)- Masjid Jami’ Nurul Iman merupakan masjid tertua di Batam. Masjid ini terletak di Puluh Buluh Kecamatan Bulang Batam. Masjid ini dibangun oleh Sultan Penyengat pada tahun 1872 Masehi. Hanya terpaut selisih 30 tahun saja dari Masjid Sultan di Pulau Penyengat yang dibangun pada tahun 1842 Masehi.

Awalnya Masjid Jami’ Nurul Iman ini oleh Sultan Penyengat hanya sebagai tempat peristirahatan Raja sambil berburu rusa dan menunggu untuk pergi ke negara jiran yang sekarang kita kenal dengan nama Singapura. Raja penyengat melihat bahwa pulau buluh sangat bagus sebagai tempat peristirahatan dan berburu rusa. Melihat lokasi yang sangat sesuai,oleh Raja Penyengat kala itu memerintahkan rakyatnya untuk menanam pokok buluh disepanjang pulau. Setelah usai penanaman,Raja melepaskan rusa-rusa didalam pulau itu dan melakukan perburuan sebagai pelepas hobi.

Dibangunlah masjid ini sebagai tepat peristirahatannya,kata pengurus Masjid dalam laporannya dihadapan rombongan magrib mengaji kemenag Batam,Jumat (30/11).

Pengurus sangat menyambut baik kehadiran rombongan kemenag Batam dan berharap semoga kecintaan masyarakat di Pulau Buluh ini kepada masjid dan Alquran semakin kuat dan Masjid Jami’ Nurul Iman yang sudah berusia hampir 2 abad ini menjadi salah satu ikon religious khazanah keagamaan di Pulau Batam,harapnya.

Kakankemenag Batam H. Erizal Abdullah pada kesempatan itu menuturkan bahwa dalam setiap bulan,rombongan kemenag berkeliling masjid di Batam ini baik masjid di wilayah mainland maupun hinterland lebih kurang 4 sampai 5 kali. Ada yang kunjungannya pada saat magrib dan adapula pada saat subuh.

Kunjungan pada waktu magrib disebut dengan gerakan magrib mengaji dan pada waktu subuh disebut gerakan subuh keliling.

Program ini sudah lama berjalan,bahkan sebelum dirinya sebagai Kepala Kantor Kemenag Batam,2 program ini sudah berjalan.

Tujuan dari magrib mengaji ini lain tidak untuk menjalin silaturrahmi antara kemenag dengan pengurus dan jamaah masjid yang ada di Batam. Disamping itu untuk menggalakkan masyarakat memakmurkan masjid,sholat berjamaah di masjid dan mengajak untuk membaca Alquran sebagai pedoman hidup.Karena menurutnya,dengan belajar Alquran,membacanya,dan memahami isinya,mudah-mudahan Allah berikan keberkahan dan kekuatan untuk mengamalkannya,sehingga kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akherat dapat diraih.

”Rumah yang senantiasa dibacakan Alquran didalamnya,Allah akan turunkan keberkahan kepada pemiliknya,” tutur Erizal.

“Semoga kita,anak-anak kita dan masyarakat kita adalah orang-orang yang cinta dan suka memakmurkan masjid dan gemar membaca Alquran,“imbuhnya.

Terakhir,Erizal menuturkan bahwa tahun ini adalah tahun politik,dimana sebentar lagi kita akan memilih calon pemimpin untuk bangsa ini,  mari gunakan hak suara kita dan jangan golput,pintanya.

(bad70/yd)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment