Kakankemenag Batam Hadiri Rakorjakwas Tahun 2020

Diposting oleh Badaruddin 17 Jan 2020,23:06:51 WIB Umum
Kakankemenag Batam Hadiri Rakorjakwas Tahun 2020

Keterangan Gambar : Kakankemenag Kota Batam H. Zulkarnain Umar,dalam kegiatan Rakorjakwas Tahun 2020


Jakarta (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H. Zulkarnain Umar,  hadiri Rapat Koordinasi Kebijakan Pengawasan (Rakorjakwas) di Hotel Borobudur,Jl. Lap. Banteng Selatan,  Ps.  Baru,  Kecamatan Sawah Besar,  Jakarta,  Jum'at  (17/1).

Dengan mengusung tema  " Kementerian Agama Berintegritas,  Indonesia Maju. "

Kegiatan yang ditaja Inspektorat Jenderal Kementerian Agama ini berlangsung selama 2 (dua) hari,  mulai Jum’at 17 - Sabtu 18 Januari 2020 dan di buka secara langsung oleh  Menteri Agama RI Fachrul Razi yang ditandai dengan pemukulan gong.  Saat pembukaan Rakorjakwas,  Menteri Agama RI Fachrul Razi di dampingi Wakil Menteri Agama RI,  Zainut Tauhid Sa'adi dan Plt Irjen Kemenag Thomas Pentury.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H.  Zulkarnain Umar,  saat dikonfirmasin melalui pesan Whatsapp (WA) mengatakan,  sesuai dengan laporan yang disampaikan panitia pelaksana kegiatan bahwa,  Rakorjakwas dihadiri 840 peserta yang terdiri dari perwakilan pejabat Unit Eselon I Pusat,  PTKN,  Kanwil Kemenag,  Kemenag Kabupaten/Kota,  Balai Diklat dan Litbang,  UPT Asrama Haji,  serta jajaran Inspektorat Jenderal.

Dalam sambutan yang sekaligus pengarahan,  Menteri Agama RI Fachrul Razi,  menyampaikan 5 (lima) Prioritas Aksi Kementrian Agama Tahun 2020 yakni:

  1. Pemberantasan korupsi melalui pendekatan,  dengan menutup semua peluang korupsi dan membuka akses whistle blower serta penegakan hokum;
  2. Peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah dengan penguatan manasik,  menjaga kaulitas layanan,  evaluasi kompherensif serta penguatan pengawasan;
  3. Pembenahan pendidikan keagamaan melalui kurikulum keagamaan,  merevisi buku ajar untuk penguatan paham moderat serta pengarusutamaan paham moderat bagi guru,  dosen dan tenaga kependidikan;
  4. Deradikalisasi melalui diklat aparatur dan juru dakwah;
  5. Prosedur yang simple,  jelas,akuntable,  tidak memberatkan dalam kepengurusan  Sertifikasi halal.  

Menteri Agama RI Fachrul Razi,  pada kesempatan itu kata H. Zulkarnain Umar,  juga menyampaikan bahwa,  pelaksanaan Rakorjakwas yang ditaja Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Tahun 2020 dipandang sangat penting untuk dilaksanakan karena forum yang melibatkan seluruh pimpinan strategis pada Kementerian Agama se-Indonesia ini diharapkan bisa  menyelaraskan dan mengkoordinasikan kebijakan pengawasan Tahun 2020,  ucapnya.

Intiya,  apa yang di sampaikan oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi,  dalam sisi pelayanan,  Kementerian Agama harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,menekankan untuk bebas dari korupsi dengan memperkuat zona integritas,  mewujudkan pendidikan yang berkualitas dengan artian bagaimana madrash itu memiliki daya saing terhadap pendidikan umum yang memiliki skill.  Tentang radikalisme,  Menteri Agama RI Fachrul Razi,  juga menekankan hal-hal yang berkaitan dengan radikalisme baik itu ajaran,  pola pendidikan,  pergaulan yang bisa merusak kerukunan maka Kementerian Agama mengambil peran untuk bisa lebih hidup rukun dan damai,  imbuh H.  Zulkarnain Umar,  (bad70/Yd).       






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment