Jelang Perayaan Nyepi,Umat Hindu Gelar Tawur Kesanga dan Parade Ogoh-Ogoh

Diposting oleh Badaruddin 16 Mar 2018,11:29:58 WIB Bimas Hindu
Jelang Perayaan Nyepi,Umat Hindu Gelar Tawur Kesanga dan Parade Ogoh-Ogoh

Batam (Inmas)- Ribuan umat Hindu Kota Batam hari ini,Jumat (16/3) akan melaksanakan Tawur Kesanga dan parade ogoh-ogoh bertempat di Pura Amertha Bhuana Sei Ladi Kecamatan Lubuk Baja Batam. Kegiatan ini merupakan aktivitas keramaian terakhir  umat Hindu jelang perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari Sabtu (17/3).

Hal ini disampaikan Penyelenggara Hindu Kemenag Batam Eko Prasetyo lewat jejaring telepon genggamnya,Jumat (16/3) pagi.

Dijelaskannya,dalam tradisi Tawur Kesanga akan diawali dengan Melasti yakni upacara penyucian diri menyambut Hari Raya Nyepi.  Tawur Kesanga  dimaksud sebagai pengendalian atas sifat-sifat buruk dengan cara mempersembahkan berbagai sajian ke alam semesta,sebutnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan parade ogoh-ogoh dengan rute mulai dari Pura Agung Amertha Bhuana sampai simpang lampu merah  Batu Batam dekat UIB dan kembali lagi ke pura. Dalam kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti pentas seni budaya untuk memperkenalkan kesenian Bali di Batam. Mudah-mudahan ini menjadi daya tarik  tersendiri bagi para wisatawan. Dan juga mudah-mudah-mudahan melalui kegiatan ini akan  meningkatkan solidaritas sebagai perekat keberagaman dalam menjaga keutuhan NKRI,ujarnya.

Keterangan foto : Penyelenggara Hindu Kemenag Batam Eko Prasetyo

Direncanakan kegiatan akan dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun,Kapolda Kepri,  Walikota Batam Muhammad Rudi,Ketua BP Kawasan Batam,  DPRD,Kakanwil Kemenag Kepri Marwin Jamal,Kakankemenag Batam H. Erizal Abdullah,Kapolres,Pembina Pelita Kepri,tokoh agama,tokoh  masyarakat dan ribuan Umat Hindu.  Acara ini didukung oleh Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) Kepri,pungkasnya.

Untuk di ketahui,perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada besok pagi akan dimulai pada pukul 06.00 wib dan berakhir pada pukul 06.00 wib hari berikutnya. Pada perayaan ini semua aktivitas dihentikan.

(bad70/yd/eko)

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment