Diklat IV Angkatan 32 BDK Jakarta Benchmarking Ke Kemenag Batam

Diposting oleh Badaruddin 03 Mei 2018,10:30:42 WIB Umum
Diklat IV Angkatan 32 BDK Jakarta Benchmarking Ke Kemenag Batam

Sekupang (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota  Batam H. Erizal Abdullah menjelaskan,pada awalnya kantor kemenag Batam berada di Jl. Ir. Sutami Kecamatan Sekupang,kira-kira 10 menit dari kantor ini. Semua pusat pelayanan dilaksanakan di kantor tersebut. Mengingat perkembangan berikutnya,jumlah pegawai semakin banyak,sehingga pada tahun 2006 dibangun satu kantor lagi yang sekarang ini. Cuma beberapa pelayanan masih tetap di kantor lama,seperti layanan pendidikan baik itu madrasah,pakis,pendidikan Kristen dan pengawas. Dan layanan yang lainnya sudah berpindah ke kantor yang baru ini. Dan itu sampai akhir 2017 kemarin.

Pada akhir 2017,kita mencoba melakukan invosi-inovasi dalam pelayanan,kita menginginkan pelayanan dilakukan dalam satu pintu. Kita mencoba melakukannya dengan pelayanan haji dan umroh terlebih dahulu. Bangunan yang berada di samping pos sekuriti,kita renovasi menjadi ruang haji satu pintu,semua pelayanan haji dilakukan disana,jamaah tidak perlu lagi susah untuk mencari ruangan haji.

Alhamdulillah renovasi selesai dan pada 31 Desember 2017,Gubernur Kepri Nurdin Basirun meresmikan pemakaian PTSP Haji dan Umroh Kemenag Batam. Sejak saat itu pelayanan haji dilakukan di gedung tersebut.

Penjelasan ini disampaikan Kakankemenag Batam dalam exposnya tentang pelayanan kemenag Batam di hadapan Kabag Asesmen Kemenag RI Iwan Kurniawan,Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta Achmad Firdaus,Widya Iswara,panitia dan seluruh peserta Diklatpim IV Angkatan ke XXXII Balai Diklat Keagamaan Jakarta,bertempat di Aula Kemenag Lt 2 Jl. Mesjid Raya Baiturrahman Sekupang Batam,Rabu (2/5) pagi.

Ia menambahkan,untuk pelayanan-pelayanan yang lain,semuanya akan kita laksanakan satu pintu,tidak hanya di haji saja kedepanya. Kita sudah melihat pelayanan PTSP di Kanwil Yogyakarta,kita sudah melihat pelayanan di Kantor KPPN Batam. Dan dari dua model pelayanan tersebut,akan kita padukan menjadi pelayanan PTSP di kemenag Batam. Mohon doa semoga lebaran nanti,kita sudah bisa untuk melaunchingnya,harap Erizal.

Keterangan Foto : kakankemenag Batam H. Erizal (tengah kiri),Kaabg Asesmen Kemenag RI Iwan Kurniawan (tengah kanan),Ka BDK Jakarta Firdaus (kiri),Widya Iswara (kanan)

Disamping pelayanan dilaksanakan di kantor ini,kemenag Batam juga memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam di Batam Center bersebelahan dengan Pelabuhan Fery International dan berhadapan dengan Mega Mall  dan Dataran Engku Putri. Disini kemenag melayani pengurusan haji dan umroh,pelayanan Bimas Islam,KUA dan informasi keagamaan lainnya. Dan bahkan diisini juga ada balai nikahnya. Kepada rombongan Diklatpim,kami persilahkan untuk berkunjung ke MPP melihat layanan kemenag disana dan berfoto di balai nikahnya,ajak Erizal.

Lanjutnya,dari 4 MPP yang ada di Indonesia yakni di Jakarta,Surabaya,Bali dan Batam,Menpan RB RI Asman Abnur,Menteri BUMN Rini Sumarni dan Jaksa Agung memberikan penilaian yang luar biasa,katanya waktu berkunjung ke MPP Batam kala itu,MPP Batam adalah MPP terbaik se Indonesia saat ini,semua layanan ada dan lengkap termasuk juga ada layanan kemenag didalamnya dan balai nikah. Sementara di MPP lain belum ada layanan kemenagnya. Di MPP Batamlah baru ada layanan kemenagnya,sebut mereka saat itu.

Keterangan foto : Peserta Diklat IV Angkatan 32 di ruangan haji dan umroh

Usai expsos,rombongan Benchamarking dari BDK Jakarta melanjutkan ke ruangan-ruangan yang ada dikemenag untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang inovasi yang dilakukan.

(bad70/yd)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment